artikel kesehatan

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan tanaman herbal yang sangat dipercaya khasiatnya untuk kesehatan oleh masyarakat indonesia. hal ini dapat terlihat pada olahan jahe yang bisa di nikmati sebagai minuman penghangat disaat cuaca dingin. bahkan sifat jahe yang dapat menghangatkan badan, kini telah banyak digunakan untuk obat-obatan yang mengatasnamakan jahe sebagai bahan racikan di dalam obat-obatan tersebut. khasiat jahe untuk kesehatan kami rangkum berikut ini.

khasiat jahe untuk kesehatan
khasiat jahe untuk kesehatan

Khasiat jahe untuk kesehatan

Air jahe bisa disajikan dengan campuran bahan dapur lainnya, namun kayu manis dan jus lemon bahan yang palingsering di tambahkan dalam minuman ini. ada beberapa manfaat kesehatan dalam minuman jahe.

1. menghangatkan tubuh
Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

2. Pencegahan Timbulnya Kanker
Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

3. Mengatasi Masalah Pernafasan
Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

4. Melancarkan Pencernaan
Mungkin pada awalnya kita berfikir hanya manfaat buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan. Saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita memakan banyak makanan. Pilihlah minuman jahe yang dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Jahe membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

5. Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri
Ketika tubuh mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Jenis- Jenis Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas seperti:

Jahe Merah
jahe merah yaitu jenis jahe dengan memiliki rimpang berwarna merah dan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya.

Jahe Putih
jahe putih atau jahe kuning kecil ini di kenal juga dengan jahe sunti, jahe ini memiliki rasa yang pedas dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya.

Jahe Putih Besar
jahe putih besar atau juga dengan nama gajah atau jahe badak ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Efek Samping Mengkonsumsi Jahe

sepertinya jahe aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang, namun tetap ada efek samping ringan yang dapat ditimbulkan, sepeti diare, membuat perut tidak nyaman, dan nyeri di ulu hati.jika di aplikasikan pada kulit akan menyebabkan iritasi.
ada beberapakalangan yang harus berhati-hati mengkonsumsi jahe, yaitu ibu hamil, dan menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan, dan organ hati.
Dari segi medis manfaat jahe memang belum ada yang benar-benar terbukti efektif. meski begitu, anda bisa mencoba untuk mengatasi kondisi yng telah di sebutakan di atas, ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahule ke dokter sebelum memasukan zat apapun yang di tujukan untuk pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *