artikel kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Akar Manis

Memang sudah banyak yang tahu dan mungkin sudah pernah melihat dan sudah menggunkan untuk pengobatan. pengobatan ini sudah menjadi turun temurun sebagian orang yang paham akan Manfaat Dan Khasiat Akar Manis. Selain akar manis ada Kayu manis, akar wangi serta ada juga akar manis. Akar Manis atau yang dalam bahasa latinnya Glycyrrhiza Glabra L merupakan Tanaman yang sudah terkenal sejak dahulu akan Manfaat Dan Khasiat Akar Manis ini.

Manfaat Dan Khasiat Akar Manis

Akar manis, atau dikenal juga sebagai licorice adalah suplemen herbal yang bermanfaat untuk mengatasi sejumlah penyakit, juga bumbu masak yang banyak digunakan dalam hidangan Asia dan Timur Tengah. Akar manis memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, baik jika digunakan secara oral maupun topikal. Sebagian penggunaan akar manis masih bersifat tradisional, namun ada juga khasiatnya yang telah terbukti secara klinis, asalkan hanya digunakan dalam dosis rendah selama jangka pendek. Sebagai bumbu, akar manis memberikan cita rasa seperti adas manis dan adas yang lezat dalam minuman, manisan, dan camilan.

Kandungan Akar Manis

Dalam akar manis banyak terkandung senyawa kimia yang membuatnya memiliki banyak khasiat dalam pengobatan. Salah satu zat yang terkandung dalam akar manis adalah glycyrrhizin, yang memiliki rasa yang sangat manis. Bahakan rasa manisnya 50 kali lebih gula di bandingkan dengan gula. Selain itu akar manis juga mengandung saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, glabrolida, glukosa, sukrosa, asam likuiritat, asam hidroksiglisirhitat. Selain memiliki rasa manis akan tetapi juga mengandung zat pahit, minyak atsiri, dan asparagin. Yang paling banyak di ambil manfaatnya dari tanaman ini adalah bagian akar. Dan bagian akar yang memiliki rasa paling manis.

Dalam dunia pengobatan pemanfaatan tanaman ini lebih dominan di gunakan sebagai espektoran, anti inflamasi dan spasmolitik. Dan pemanfaatan dalam terapi pengobatan yang sering di lakukan dalam terapi pengobatan tradisional. Tanaman akar manis ini sering di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti berikut:

Mencegah Infeksi Pernapasan

Berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada organ-organ pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk,pilek hingga asma dapat disembuhkan dengan manfaat tanaman akar manis. Untuk mencegah infeksi pada saluran pernapasan dengan memnfaatkan tanaman akar manis dapat dilakukan dengan mencampurkan akar manis ke dalam minuman kopi atau teh.

Menjaga Pencernaan

Manfaat akar manis terbukti bisa dalam mengobati berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, maag, sembelit, keracunan makanan, infeksi organ percernaan bahkan ampuh mengatasi peradangan. Akar ini terbukti ampuh karena memiliki sifat anti-inflammatory dan anti-bacterial yang mencegah bakteri atau racun masuk serta mencegah terjadinya inflamasi atau pendarahan.

Sebagai Obat Sariawan

Tidak hanya memelihara organ pencernaan, akar manis juga ampuh mengobati sariawan dan masalah mulut lainnya. Hal ini karena adanya anti-inflammantory yang membantu menghilangkan rasa sakit. Tidak hanya itu, akar manis juga dapat dijadikan sebagai penangkal virus herpes.

Akar Manis Mencegah Depresi

Anda yang sedang depresi jangan sampai jatuh lebih dalam, hal ini dapat menganggu kesehatan tubuh, mental dan pikiran Anda. Cegahlah menggunakan akar manis yang terbukti bisa atasi depresi berlebih karena kandungan glycyrrhizin dapat meningkatkan kerja adrenal yang mengatur rasa gelisah. Selain itu, kalsium, flavonoids, beta karoten dan magnesium berpotensi besar mencegah depresi.

Mengobati Gejala Peradangan

Ada berbagai macam peradangan yang juga di sebabkan oleh berbagai hal. Peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakan dan reumatik. Akar manis dapat mengatasi berbagai masalah peradangan, terutama bengkak. Hal ini disebabkan karena akar manis memiliki kandungan anti inflammantory yang dapat menghilangkan rasa sakit pada persendian dan rasa sakit akibat bengkak.

Manfaat tanaman akar manis tersebut sudah terbukti amuh untuk mengobati berbagai penyakit yang telah di jelaskan diats. Akan tetapi, ada baiknya anda konsultasi dulu kepada ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d blogger menyukai ini: